Pages

Sabtu, 02 April 2011

cynocephalus variegatus

Colugos adalah mamalia dari garis keturunan kuno, dengan hanya dua spesies yang terdiri dari Dermoptera Order. Membingungkan mereka juga disebut 'Flying Lemur', meskipun mereka tidak terkait erat dengan Lemur Madagaskar. Mereka dapat meluncur jarak yang jauh, namun, karena mereka memiliki selaput tipis membentang ke ujung ekor dan anggota tubuh masing-masing.
Umumnya mereka berwarna abu-abu atau hijau-abu-abu dalam warna, dengan bandeng gelap, tetapi beberapa spesimen kemerahan. Makanan mereka termasuk daun dan tunas muda. Pada siang hari mereka beristirahat tinggi di pohon, menempel ke batang atau bersembunyi di lubang pohon. Pada senja mereka menjadi aktif, meluncur dari bagasi ke bagasi seperti lembar kertas tertiup angin. Para muda dibawa menempel pada membran penerbangan.
Colugos berkisar dari Burma, Indochina dan Selatan Thailand untuk Semenanjung Malaysia, Singapura dan pulau-pulau Indonesia Sumatra dan Jawa. Mereka juga terjadi di seluruh Kalimantan. Sebuah Colugo kedua spesies mendiami Filipina selatan.

0 komentar:

Posting Komentar